Teleskop pengganti Hubble sudah lulus jalani tes

berencana meluncurkan observatorium raksasa baru yang disebut James Webb Space Telescope (JWST) pada 2021 mendatang sebagai pengganti teleskop Hubble.

JWST diperkirakan akan lebih kuat daripada Hubble karena teleskop ini mampu mengamati galaksi dan bintang yang terbentuk tak lama setelah Big Bang. Terbaru, JWST telah berhasil melalui tes pengujian pelindung Matahari.

Para insinyur menempatkan lima perisai Matahari yang akan melindungi JWST dari radiasi kuat Matahari dan membantu mengatur suhu optik serta sensor pada teleskop. Sebagai bagian dari pengujian, perisai Matahari itu diperluas ke posisi yang sama jika JWST berada 1 juta mil dari Bumi.

Perisai tersebut memiliki ukuran seluas lapangan tenis dan terdiri dari lima lapisan yang masing-masing, dilapisi dengan zat alumunium yang diendapkan uap untuk memantulkan panas Matahari ke ruang angkasa.
Pengujian perisai Matahari ini akan membantu memastikan bahwa JWST akan berfungsi dengan baik ketika diluncurkan. Untuk mensimulasikan minimnya gravitasi yang akan dialami teleskop tersebut, teknisi NASA menggunakan katrol dan bobot pengimbang gravitasi.
Tes ini menunjukkan bahwa sistem pelindung matahari berhasil dari pengujian lingkungan elemen. Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua insinyur dan teknisi untuk ketekunan, fokus, dan jam kerja mereka yang tak terhitung untuk mencapai tonggak ini,” ucap James Cooper, Manajer JWST NASA di Goddard Space Flight Center, Maryland.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *